Badan pegal semua

Info Penanya, pria 23 Tahun

Kenapa dok setiap hbis kerja selalu badan pegal semua Apa solusi ny dok

04 Sep 2018, 09:03 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

  

Pegal - pegal pada otot atau dikenal dengan istilah myalgia adalah rasa tertarik ataupun spasme pada otot. Istilah myalgia berasal dari bahasa yunani yaitu myos berarti otot dan algos berarti nyeri.

Hampir semua orang pernah merasakan pegal-pegal. Pegal pegal terjadi biasanya diakibatkan adanya tekanan yang  diketahui dengan adanya radang pada otot ataupun trauma otot dan biasanya tidak membahayakan biasanya dapat pula bagian gejala penyakit. Pada dasarnya semua jenis otot pada tubuh manusia dapat mengalami nyeri. Bagian otot yang paling sering mengalami nyeri atau rasa pegal ini adalah bagian leher, pundak dan punggung. Rasa pegal pegal ini disebabkan kebiasaan harian yaitu duduk lama ataupun menyetir. Rasa pegal ini juga sebagian kecil dapat disebabkan infeksi, kejang, hingga gangguan saraf walaupun kejadiannya jarang.

Berbagai hal dapat menstimulasi myalgia diantaranya;

- suhu baik dingin ataupun panas

- tekanan

- stimulasi listrik

- stimulasi bahan kimia

- stress

- kesalahan postur

- kesalahan gerak

- cedera

Untuk mengetahui faktor risiko dan penyebab pegal pegal yang Anda alami diperlukan wawancara tipe pegal, lokasi, perluasan nyeri otot. juga riwayat timbulnya nyeri apakah tiba tiba- ada trauma, adanya luka memar, dan gangguan lainnya. Pemeriksaan fisik lanjutan juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi lokal tempat nyeri dan keadan umum lainnya. Pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan laboratorium juga diperlukan, USG juga mungkin dilakukan, dalam kondisi yang mungkin lebih jarang diperlukan CT Scan bahkan MRI, pemeriksaan listrik otot juga diperlukan, hingga biopsi otot

Untuk penanganan  nyeri otot / pegal pegal berikut rekomendasi untuk mengurangi gejala yang dirasakan;

- kontrol berat badan ideal

- sauna ( tidak dianjurkan pada orang dengan penyakit kardiovaskular)

- kompres hangat

- pemakaian koyo

- terapi akupuntur

- akupuntur atau akupressure

- elektroterapi

- terapi saraf

- terapi fisik

- terapi relaksasi

Apabila keluhan Anda tidak membaik dengan penggunaan multivitamin (utamanya vitamin B) dan pereda nyeri atau sudah mencoba terapi pencegahan sebaiknya konsultasikan kondisi Anda pada dokter.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

04 Sep 2018, 09:03 WIB