Bayi Muntah Setelah Minum ASI

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok bayi saya umurnya 2 bulan, akhirakhir ini jarang minum asi, di beri asi langsung/pake botol selalu di keluarkan lewat pinggiran mulutnya, kalaupun tidak di keluarkan, ga lama setelah di sendawakan pasti muntah menyembur dan banyak. Apakah masih tahap wajar atau perlu di bawa ke dokter anak? Terimakasih dok

04 Sep 2018, 13:50 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar bayi muntah setelah minum ASI menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami jawab pertanyaan Anda, berapakah usia anak Anda? Jika anak Anda masih dibawah 6 bulan, ASI adalah makanan utama yang disarankan. Seberapa banyak air susu yang dimuntahkan oleh anak Anda? Apakah banyak dimuntahkan atau hanya mengeluarkan cairan sedikit-sedikit? Sudah berapa lama hal ini terjadi? Apakah bayi Anda menangis saat muntah? Berapa banyak volume air susu yang biasanya diminum? Apa saja yang dimuntahkan (adakah darah, warna kehijauan)? Sudah berapa lama hal ini terjadi?

Bila bayi Anda hanya mengeluarkan cairan sedikit-sedikit maka kemungkinan hanya karena jumlah cairan yang masuk terlalu banyak. Namun, jika bayi muntah dengan jumlah yang cukup banyak perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan fisik ke dokter spesialis anak untuk mengetahui apakah ada masalah terkait dengan saluran cerna buah hati Anda. Bagi anak dibawah usia enam bulan, ASI adalah makanan yang disarankan. Apabila anak sudah lebih dari 6 bulan, dapat diberikan makanan pendamping ASI.

Demikian informasi seputar bayi muntah setelah minum asi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

04 Sep 2018, 13:50 WIB