Perilaku Obsesif-Kompulsif

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Saya sering mencuci tangan sampai puluhan kali. Saya lelah, ap yang harus saya perbuat. Saya penderuta OCD.

05 Sep 2018, 14:16 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Perilaku Obsesif-Kompulsif melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk menentukan penyebab dari hal yang Anda alami, masih dibutuhkan informasi lebih lanjut, seperti sejak kapan Anda mulai merasakan hal tersebut, apakah hal tersebut mengganggu keseharian Anda, dan sebagainya.

Obsessive-compulsive disorder (OCD) ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang. Namun, sangat penting untuk melakukan wawancara medis secara langsung sebelum menentukan diagnosis.

Penyebab OCD sampai hari ini belum diketahui, baik wanita maupun pria dapat terkena OCD. Bentuk tersering selain mengunci mobil berulang-ulang dapat kita lihat pada orang yang seringkali mencuci tangannya berulang kali meskipun ia tahu tangannya dalam keadaan bersih. Penderita OCD pada umumnya sadar bahwa mereka memiliki obsesi tertentu. OCD dapat diobati dengan obat-obat yang sifatnya menghilangkan kecemasan.

Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa untuk berbagi mengenai hal-hal yang Anda rasa mengganggu, serta menentukan penyebab dari keluhan Anda dan penanganan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Perilaku Obsesif-Kompulsif. Semoga bermanfaat.

05 Sep 2018, 14:16 WIB