Dampak Konjungtivitis Pada Mata

Info Penanya, pria 24 Tahun

Dok, boleh bertanya pengaruh konjungtivitis terhadap bentuk bola mata? Saya mengalami perbedaan ukuran kantung/bola mata kiri dan kanan (tidak simetris dan sesuai dari bentuk sebelum mengalami konjungtivitis) Apakah ada saran dan solusi? Terimakasih, God bless you!

06 Sep 2018, 13:44 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Mata merah disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri, penglihatan silau, penurunan ketajaman penglihatan, dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan.

Berdasarkan keluhan yang Anda gambarkan, kemungkinan Anda mengalami peradangan pada konjungtiva (daerah putih di mata) atau disebut juga sebagai konjungtivitis. Konjungtivitis dibagi berdasarkan penyebabnya, yaitu :1. Konjungtivitis bakteri2. Konjungtivitis virus3. Konjungtivitis klamidia4. Konjungtivitis alergi

Konjungtivitis alergi adalah peradangan pada daerah konjungtiva yang disebabkan karena alergi. Gejalanya diantaranya adalah gatal, mata berair, mata merah, bengkak pada konjungtiva, dan sekret (kotoran mata) yang berwarna putih serta lengket. Bagaimana dengan Anda?

Jika memang penyebab mata merah pada Anda adalah alergi maka pengobatan untuk konjungtivitis alergi adalah menghindari alergen (zat penyebab alergi) seperti debu, dingin, asap. parfum, dan sebagainya. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah antihistamin baik topikal (tetes mata) maupun oral (diminum).

Perlu kita telusuri lebih jauh mengenai keluhan yang Anda alami. Kami sarankan Anda segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis mata, Agar dapat dilakukan pemeriksaan mata dan penyebab mata merah Anda dapat diketahui dengan pasti.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

06 Sep 2018, 13:44 WIB