Menangani Kemandulan 06 September 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Menangani Kemandulan

Dok gimana caranya utk mengetahui kemandulan? Trus cara utk mengobatinya gmn? Adakah cara utk mencegah kemandulan? Apa-apa saja yg dpt menyebabkan kemandulan?

Lihat Selengkapnya
pria, 23 Tahun06 Sep 2018, 11:26 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar kemandulan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemandulan atau infertilitas dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Penyebab tersebut yang menentukan apakah kemandulan dapat diatasi atau tidak. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :

Kelainan ovulasi (produksi sel telur)Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)Sumbatan saluran telurPemeriksaan penyebab infertilitas pada sebuah pasangan dilakukan oleh kedua pihak baik pria dan wanita. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Pemilihan pengobatan untuk infertilitas umumnya berdasarkan pada berapa lama terjadinya infertilitas, penyebab infertilitas dan faktor usia.

Untuk pria, bila penyebab infertilitasnya adalah gangguan seksual seperti impotensi atau ejakulasi dini bisa diatasi dengan pemberian obat atau perubahan perilaku. Bila penyebabnya adalah produksi sperma yang kurang, biasanya dilakukan tindakan pembedahan, pemberian obat hormon reproduksi, atau dengan bantuan teknologi reproduksi (assisted reproductive technology/ART).

Bila penyebab infertilitas sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun pembedahan, maka tindakan yang diambil adalah dengan ART seperti in vitro fertilization (IVF), meningkatkan ejakulasi dengan stimulasi elektrik atau vibrator, aspirasi sperma dengan pembedahan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI), danassisted hatching.

Pencegahan yang dapat dilakukan

Untuk pria:

Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihanJangan terlalu sering berendam air panas atau bersauna (suhu tinggi bisa mempengaruhi produksi dan gerakan sperma, meski bersifat sementara)Untuk perempuan, beberapa terapi yang dapat memulihkan kesuburan dapat dimulai dari obat kesuburan untuk merangsang pembuahan, sampai program bayi tabung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kemandulan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat Gemuk dan Kemandulan

Dijawab oleh:dr. Atika

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat