Efek Samping KB Suntik

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Halo dok,saya mau tanya ,,, Saya ikut KB yg 3bln Setelah sya melahirkan tp sya tdk bs menstruasi,,skrg umur anak sya 9 bln slma itu sya tdk bs menstruasi ,,adapun sesekali klr menstruasi tapi berwarna coklat ,,sya ingin menstruasi teratur tpi takut berpengaruh ke asi anak saya. Sebaiknya saya bagaimana dok agar bsa menstruasi teratur n tdk mengganggu asi sya.

07 Sep 2018, 10:02 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan perubahan menstruasi tersebut, ada baiknya Anda merubah pilihan KB Anda. Salah satu jenis KB yang tahan cukup lama (5 tahun) dan tidak mengganggu ASI adalah spiral (IUD).

Namun KB spiral sendiri memiliki risiko menstruasi tidak teratur, meskipun tidak seberat KB suntik yang mengandung hormon. Salah satu efek samping dari metode kontrasepsi IUD (spiral) cooper T adalah:

Jika efek samping tersebut muncul dan membuat tidak nyaman, Anda dapat segera mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai pergantian metode KB yang sesuai dengan Anda.

Yang perlu Anda perhatikan adalah dalam pemakaian KB IUD memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

07 Sep 2018, 10:02 WIB