Demam, Pusing, Flu Berat

Info Penanya, pria 24 Tahun

dok saya sudah sakit hampir satu minggu. minggu lalu saya meriang, mual, pusing, demam, lemas, bab lebih. saat saya ke klinik diagnosa nya adalah flu perut. saya diberi 2 obat untuk flu dan sakit perut. sekarang sudah hampir seminggu meriang dan pusing saya sudah hilang, bab sudah berkurang. tapi mual saya masih separah awal dok. saya hanya bisa makan bubur dan pir selama 4 hari, kalau makan nasi bisa muntah. baru malam ini saya makan nasi dan tidak muntah tapi hampir. dan apabila saya beraktifitas sedikit saja misalkan kupas buah, saya langsung mual dan pusing harus langsung berbaring. saya mau tanya kenapa mual saya tidak sembuh sembuh ya dok, apakah saya ada kemungkinan kena penyakit lain ? terima kasih.

07 Sep 2018, 10:06 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan demam dan flu berat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kemungkinan penyebab demam Anda sebelumnya adalah virus. Demam yang disebabkan oleh infeksi virus (viral infection) misalnya saat menderita penyakit faringitis ini seringkali disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri sendi (artralgia), dan nyeri otot (mialgia), nyeri kepala (sefalgia).

Penyakit ini ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh. Itu juga yang memungkinkan proses penyembuhan masih berlangsung dan Anda masih mengalami mual. Namun, bila memang tidak ada asupan makanan, bisa juga perut mengalami mual. Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap makan dengan cara sedikit-sedikit tapi sering.

Hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran).

Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

Demikian informasi mengenai penyebab demam dan flu berat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

07 Sep 2018, 10:06 WIB