Ear Candle

malam dok, mau tanya apakah penggunaan ear candle yang di bakar oleh api untuk menyedot kotoran telinga berbahaya ?

Lihat Selengkapnya
pria, 19 Tahun07 Sep 2018, 11:05 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar ear candle di KlikDokter.com,

Ear candle disebut sebuah upaya alternatif pembersihan kotoran telinga yang beberapa tahun belakangan menjadi popular di kalangan masyarakat umum. Tapi tahukah Anda? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di berbagai negara bahkan pada sejak tahun 1996 (19 tahun yang lalu) penggunaan ear candle ini tidak memberikan hasil yang bermakna terhadap pembersihan liang telinga, bahkan potensial menimbulkan penyakit telinga yang serius.

Ear candle menjadi popular di kalangan masyarakat sejak puluhan tahun silam. Ear candleberasal dari pengobatan alternatif dan tradisional, dengan harga yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan harus pergi ke dokter (pendapat awam), dapat dijual bebas (salon, spa, dll), mudah dikerjakan oleh siapa saja.

Cara kerja ear candle adalah menggunakan sebuah lilin yang diletakkan dilubang telinga dan kemudian dibakar di sisi lainnya. Dengan cara ini diharapkan terbentuk tekanan negatif telinga, maka kotoran akan tertarik keluar. Ada pula teori yang menyebutkan bahwa ear candle bekerja untuk melunakkan kotoran yang keras.  Pada saat terapi ini selesai, Anda akan diperlihatkan hasil dari pembakaran ini yang menunjukkan warna kehitaman seperti kotoran yang sudah keluar atau yang kemudian akan keluar dengan sendirinya pada keesokan harinya.

Efek bahaya apa yang dapat terjadi apabila saya menggunakan ear candle?

Sisa lilin dapat tertinggal di kulit liang telinga

Sisa lilin dapat melekat pada gendang telinga

Bila sisa lilin melekat pada kulit liang telinga, maka dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Telinga bengkak, kemerahan, berair, gangguan dengar, bahkan timbul daging dan jaringan yang sifatnya dapat merusak struktur telinga hingga ke tulang. Berbahaya karena jaringan ini dapat menyebabkan kerusakan pada tulang sekalipun, bagaimana dengan jaringan lunak seperti kulit dan saraf.

Bagaimana bila sisa lilin melekat pada gendang telinga? Maka gangguan yang timbul seperti telinga tersumbat, rasa penuh, akibat gendang telinga tak mampu lagi bergerak bebas seperti seharusnya. Gangguan dengar, telinga berdenging hingga infeksi dapat terjadi.

Dan berita buruknya adalah, terkadang sisa lilin yang melekat pada gendang telinga tidak dapat hilang dengan sendirinya. Seperti diketahui bahwa lilin akan mengeras saat kering seperti yang Anda lihat pada tetesan lilin yang melekat di meja, jadi bayangkan bagaimana bila dokter harus menyingkirkan benda tersebut dari telinga Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Telinga Keluar Cairan

Dijawab oleh:dr. Atika

Hubungan Telinga Tersumbat Air dan Demam

Dijawab oleh:dr. Atika

Dalam telinga gelembung kecil

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Benjolan di Telinga

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penyebab Nyeri Telinga

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk