Benjolan di Payudara

Info Penanya, pria 21 Tahun

siang dok perkenalkan nama saya ifa saya mau tanya dok saya kan 3tahun yang lalu pernah oprasi FAM disebelah kanan nah sekarang ada lagi benjolan disebelah kiri,tapi kalo pas datang haid benjolan nya hilang dan ada lagi kalau haid nya sudah selesai,dan benjolan ini tidak seperti dulu,kalau dulu saya sering meriang dan sering banget sakit kepala,tapi yang benjolan ini tidak dok,apakah ini bahaya atau tidak saya takut dok,terimakasih ya dok

07 Sep 2018, 12:43 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan (tumor) pada payudara terbagi 2, tumor jinak dan tumor ganas. Benjolan yang hilang timbul terutama ada di saat menstruasi merupakan benjolan jinak yang umum terjadi pada wanita disebabkan oleh perubahan siklus hormonal. Selain siklus hormonal, perubahan pada jaringan payudara juga terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebagian pbesar perempuan, jaringan tersebut menjadi lebih berlemak.

Pada usia Saudari, benjolan yang paling sering terjadi adalah fibroadenoma atau sering dikenal dengan Fibroadenoma Mamma (FAM). FAM merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita. FAM biasanya terjadi pada wanita muda atau remaja. Sebelum usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali keluarga Suadari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara. Konsultasikanlah kepada dokter jika:

Benjolan baru muncul atau terasa berbeda dari jaringan payudara sekitarnya serta pada payudara sebelahnyaBenjolan tidak hilang setelah siklus menstruasi berikutnyaTerdapat perubahan pada benjolan, seperti bertambah atau menjadi lebih keras.Puting payudara mengeluarkan cairan atau darahTerdapat perubahan pada kulit payudara, seperti kemerahan.Pada keadaan-keadaan di atas, dokter akan melakukan pemeriksaan sepertimammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terima kasih.

07 Sep 2018, 12:43 WIB