Bayi Mogok Minum ASI

Info Penanya, pria 24 Tahun

Dok.saya mau tanya. Temen saya punya anak. Anak perempuan usia 16 bulan. Anak tersebut mogok asi. Sama sekali tidak mau nyusu sama ibunya. Menurut dokter gmna dan kenapa itu bisa terjadi apa solusinya agar anaknya tersebut mau minum susu asi kembali. Terimakasih dok.

10 Sep 2018, 10:17 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan tersebut pasti sangat mengganggu Anda.

Kejadian bayi mogok menyusu dapat dipengaruhi oleh faktor bayi dan ibunya. Berikut adalah penjelasan dari faktor tersebut.

Kejadian mogok menyusu dari faktor bayi bisa diakibatkan oleh:

1. Bayi sakit

2. Bingung puting.

Biasanya kejadian bingung puting ini terjadi pada bayi yang diberi ASI perah dengan menggunakan botol susu. Botol saja ketika kita balik sudah meneteskan isinya keluar sehingga bayi cukup monyong sedikit atau mencucu sudah bisa mendapatkan isinya, sedangkan pada payudara dibutuhkan mulut bayi yang terbuka lebar untuk mengeluarkan isinya. Nah tanpa kita sadari perlahan tapi pasti produksi ASI di payudara ibu mulai perlahan berkurang karena tidak bisa mengikuti permintaan bayi yang cenderung lebih banyak jika minum melalui botol atau dot.

3. Bayi tumbuh gigi

Kejadian mogok menyusui dari faktor ibu bisa diakibatkan oleh:

1. Ibu sakit

2. Ibu hamil

3. Ibu memakai alat kontrasepsi.

Pada penggunaan kontrasepsi hormonal bisa mengakibatkan menurunnya produksi ASI dan membuat bayi kesal karena menurunnya produksi ASI dan aliran ASI menjadi tidak deras seperti biasanya.

 4. Ibu menstruasi

5. Ibu lelah

Kami sarankan teman Anda menelusuri terlebih dahulu adakah salah satu penyebab diatas yang terjadi pada diri teman Anda dan bayinya. Dan kami sarankan teman Anda melakukan konsultasi dengan konselor laktasi atau dengan dokter spesialis Anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat,

10 Sep 2018, 10:17 WIB