Asam Lambung Naik

Info Penanya, pria 30 Tahun

Selamat malam dokter, batuk berdahak menahun tapi bukan TBC. Dari dada sampai tenggorokan terasa ada dahak dan harus dikeluarkan lewat batuk, dahak ditenggorokan sangat terasa sekali,apalagi kalau tenggorokan terasa gatal,harus dgn batuk yg keras dan berkali" untuk mengeluarkan dahaknya,produksi air liur pun berlebihan,jd selain dahak jg hrs mengeluarkn air liur. Terkadang jg mengeluarkan 1 butiran kecil sprti dahak namun padat dan itu sangat bau. Sudah 2X cek lab di puskesmas dan hasilnya negatif,bukan TBC. Bagaimana cara mengatasinya dokter? apakah asam lambung naik bisa menyebabkan dahak dan air liur yg berlebihan td? Terimakasih atas jawabannya.

10 Sep 2018, 13:10 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter klikDokter.com

Asam lambung bisa saja naik ke rongga mulut. Adapun gejalanya utamanya adalah air liur yang berlebihan, dan mulut terasa pahit. Gejala akan semakin meyakinkan bila ada gejala terbakar di dada, seperti panas di kerongkongan. Penyakit ini dinamakan GERD.

Penyakit GERD kepanjangannya gastroesophageal reflux disease. Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll. Sering batuk juga dapat dipicu oleh rangsangan asam lambung.

Namun untuk mengatasinya dan memastikannya diperlukan informasi yang lebih dalam dan tentunya dengan disertai dengan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Apakah Anda ada riwayat alergi? riwayat alergi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk kronik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

10 Sep 2018, 13:10 WIB