Kutil Kelamin

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok perkenalkan nama saya yanti saya mau tanya kenApa di pinggir rambut kemaluan tumbuh kutil tapi ndak gatal ndak perih dok tolong sarannya

10 Sep 2018, 15:25 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah bertanya mengenai kondiloma menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Benjolan pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kutil atau sumbatan kelenjar. Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar contohnya hingga daerah anus dan lain-lain. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan.

Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini. Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya. Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

Untuk mengetahui pilihan pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi keluhan Anda, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung untuk memastikan diagnosis dari keluhan Anda. Penanganan tepat baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan.

Terkait pertanyaan Anda mengenai kutil kelamin dan kanker serviks, virus HPV yang menjadi penyebab kedua hal tersebut berbeda, karena virus HPV 6 dan 11 lebih sering dikaitkan dengan kutil kelamin (kondiloma akuminata), sedangkan virus HPV 16 dan 18 lebih sering dikaitkan dengan kanker serviks.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kondiloma, semoga bermanfaat. Salam,

10 Sep 2018, 15:25 WIB