Efek Samping Obat TBC

Sy lg mengalami sakit tbc paru,setelah makan obat ,badan sy lemes dan kulit kering.perut keram sehingga kepala terasa berat kebas.

Lihat Selengkapnya
wanita, 60 Tahun10 Sep 2018, 11:52 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.

Halo, penggunaan obat TBC paru harus dipantau oleh dokter. Dalam jangka waktu tertentu selama pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan fungsi hati untuk mengetahui apakah obat tersebut memberikan efek samping pada pasien atau tidak.

Rifampicin memiliki efek samping gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati, kuning, gejala flu, reaksi kulit, dan gangguan pada darah.

Pyrazinamide memiliki efek samping hepatotoksisitas (gangguan pada hati), gout (asam urat), anemia skleroblastik, gangguan pencernaan, ulkus peptikum (perlukaan pada pencernaan), disuria (nyeri berkemih), demam, lemas, alergi

INH memiliki efek samping gangguan pada saraf (periferal neuropati), mual, muntah, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan pada darah.

Apakah ada keluhan mual-muntah disertai mata atau tubuh menjadi berwarna kuning? Apabila memang ada, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada hati. Gangguan pada lambung juga dapat terjadi akibat efek samping obat ini.

Secara garis besar, pemeriksaan darah diperlukan selama masa pengobatan dan pengobatan harus tetap dilakukan dalam pengawasan dokter. Kami menyarankan agar Anda selalu berkonsultasi ke dokter spesialis paru dimana Anda memperoleh obat-obatan tersebut untuk dievaluasi apakah keluhan ini terjadi akibat efek samping obat TB tersebut atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pertanyaan - #261196

Dijawab oleh:dr. Melyarna Putri

Alergi Obat TBC

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Tidak Sengaja Minum Obat TBC Merah

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Efeksamping Obat TBC - #247658

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk