Pertanyaan - #262362

Info Penanya, pria 16 Tahun

Dok, saya mau bertanya. Saya baru saja melakukan penyedotan nanah pada abses saya. Tidak melalui sayatan tapi hanya disedot. Sekarang bekas abses masih ada seperti benjolan. Apakah itu berarti absesnya belum sepenuhnya hilang dok? Terima kasih I Kadek Febri Harimbawa

12 Sep 2018, 12:12 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Abses adalah nanah yang terkumpul di bagian tubuh akibat proses peradangan. Abses bisa terjadi di kulit atau bawah kulit, dan bisa juga terjadi pada organ dalam seperti liver. Jika Anda telah menjalani pemeriksaan langsung oleh dokter dan mendapat antibiotik sesuai resep dokter, maka habiskan antibiotik sesuai dengan rencana terapi dan kontrol saat obat habis untuk menentukan lanjutan terapi. Pada dasarnya evakuasi nanah pada abses bergantung pada jenis abses, pada beberapa abses bisa tidak perlu sayatan. Hal yang paling penting adalah, mengatasi infeksinya dengan obat. 

Apakah Anda memiliki riwayat alergi, diabetes, atau penyakit lainnya? Kondisi seperti diabetes akan sangat mempengaruhi penyembuhan luka pada Anda. Bekas abses yang masih berupa benjolan memang tidak akan langsung menyembuh seketika sebab jaringan sekitar abses masih mengalami peradangan. Apabila infeksinya sudah teratasi, maka peradangan jaringan juga berangsur angsur akan berkurang. 

Apakah saat ini sudah mendapat antibiotik? Bila keluhan Anda masih menetap setelah antibiotik yang diberikan sudah habis, kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter yang merawat Anda kembali untuk dilakukan evaluasi terhadap bekas luka.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

12 Sep 2018, 12:12 WIB