Menghilangkan Bercak Hitam Bekas Jamur

Info Penanya, pria 24 Tahun

Salam dok, saya mau tanya. Disekitar selangkangan paha saya dulu pernah tumbuh jamur gatal seperti kurap. Lama banget memang tumbuhnya, sekitar 7 tahunan gitu. Dan selama 7 tahun itu saya cuma mengobati pake cara tradisional dengan dedaunan, sampe-sampe bukan malah sembuh, tapi malah membesar. Namun pada tahun 2013 saya menemukan obat di apotek, saya konsumsi obat itu, dan gatal serta jamur itu hilang. Cuma masalahnya sampe sekarang, bekas hitam disekitar paha saya dan di selangkangan saya seperti bercak putih masih tetap ada sampe sekarang. Keadaannya kadang-kadang lembab kadang kering dok. Solusinya gimana ya ?? Apakah itu masih jamur yang dulu?

12 Sep 2018, 17:39 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya seputar Menghilangkan Bercak Hitam Bekas Jamur menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Pada kasus Anda kehitaman pada daerah selangkangan Anda dapat terjadi karena proses penyembuhan peradangan saat terjadi infeksi jamur. Atau dapat juga merupakan infeksi jamur kronis yang telah meluas dan ternyata belum sembuh. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Infeksi jamur yang belum sembuh dan kronis juga dapat memberikan gambaran kehitaman, dan seringkali tidak terlalu gatal atau hanya gatal pada saat berkeringat saja.

Jika keluhan Anda merupakan infeksi jamur kronis, maka Anda memerlukan pengobatan yang sesuai untuk infeksi jamur. Jika ukurannya cukup luas, maka selain obat oles, dokter akan memberikan Anda obat minum untuk membantu penyembuhan. Pengobatan infeksi jamur biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, dapat mencapai 2-4 minggu. Setelah keluhan menghilang pun, Anda perlu melanjutkan pengobatan selama 2 minggu untuk mengurangi kemungkinan kambuh.

Jika keluhan Anda merupakan hiperpigmentasi, maka hal ini tidak berbahaya. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah selangkangan Anda tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan celana yang terlalu ketat).

Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dan usia kehitaman di selangkangan Anda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan diaplikasikan pada malam hari. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

12 Sep 2018, 17:39 WIB