Kemungkinan Hamil Walau Sudah Menggunakan Kondom

Info Penanya, pria 28 Tahun

selamat sore dok, saya mau tanya jumat minggu lalu sekitar tanggal 10 agustus 2018, saya melakukan hubungan dengan istri saya tapi saya memakai kondom. waktu saya ejakulasi saya benamkan Mr.P saya ke Ms.V istri saya, setelah beberapa detik saya melihat sperma saya naik keatas kepangkal penis saya tapi saya tidak tahu sperma saya sampai keluar kondom atau tidak. apakah sperma yg keluar dari kondom bisa menyebabkan kehamilan? tpi sekrang istri saya merasakan sakit di bagian perut, kepala dan merasa mual seperti ingin bersendawah

12 Sep 2018, 17:52 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter tentang kondom KlikDokter.com.

Kondom pria merupakan kontrasepsi penghalang yang paling banyak digunakan. Lateks tipis yang disarungkan menutupi penis sebelum penetrasi ke dalam vagina ini berfungsi menghalangi masuknya sperma ke dalam vagina, sehingga pembuahan tidak terjadi. Metode KB ini disukai karena praktis dan mudah digunakan, serta memiliki perlindungan paling besar terhadap penyakit menular seksual jika dibandingkan dengan metode KB lainnya. Kondom juga mudah didapat dan harganya pun relatif terjangkau. Jika digunakan dengan tepat sesuai petunjuk dan tanpa kerusakan pada kondom, efektivitas KB ini tinggi, yakni 98%.

Namun demikian, angka kegagalan dari metode kontrasepsi ini cukup besar, yakni 14%. Hal ini terutama disebabkan oleh kesalahan penggunaan kondom. Efektivitasnya juga berkurang jika kondom robek atau digunakan dengan cairan lubrikan yang berbahan dasar minyak. Kondom juga dirasakan kurang nyaman dan mengurangi kenikmatan bagi sebagian orang. Selain itu, orang yang alergi terhadap lateks juga tidak dapat menggunakan alat ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan tentang kondom , semoga bermanfaat.

12 Sep 2018, 17:52 WIB