Mulut Terasa Pahit

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok, saya mau tanya Bulan lalu saya periksa mata, nah seabis itu dikasih obatnya dok nah saya minum tuh obatnya tpi kenapa obatnya masih kerasa pait ditenggorokan pas mau nelen ya dok? Kan jaraknya sudah sebulan lebih? Terimaksih sebelumnya😊😊

12 Sep 2018, 18:26 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terimakasih telah bertanya tentang Mulut Terasa Pahit melalui fitur Tanya Dokter.

Berbagai keluhan yang Anda kemukakan dapat merupakan gejala yang berdiri sendiri atau terkumpul dan terdapat dalam suatu penyakit. Mulut yang pahit dapat disebabkan oleh dehidrasi atau demam tinggi. Pada kondisi ini, produksi air liur menjadi berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang menghasilkan sulfur di dalam mulut, sulfur inilah yang membuat mulut terasa pahit dan kemampuan indra pengecap menghilang.

Pada kasus Anda, mengingat Anda memiliki riwayat maag, keluhan tersebut kemungkinan disebabkan oleh penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease. Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll. 

Namun untuk mengatasinya dan memastikannya diperlukan informasi yang lebih dalam dan tentunya dengan disertai dengan pemeriksaan langsung oleh Dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mulut Terasa Pahit. Semoga bermanfaat untuk Anda.

12 Sep 2018, 18:26 WIB