Gatal Tak Kunjung Sembuh

Info Penanya, wanita 30 Tahun

assalamualaikum dok z sudah 4 harini gatal" belum sembuh sampai sekarangak kata orang" itu puru kabala gmna cara penangananx

12 Sep 2018, 18:40 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya tentang gatal yang tak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami berusaha memahami kekhawatiran Anda. Namun sayangnya kami tidak dapat menentukan penyebab keluhan Anda karena minimnya informasi yang Anda berikan. Beberapa pertanyaan yang mungkin dapat membantu mengarahkan keluhan Anda yang dapat kami ajukan adalah di bagian mana rasa gatal Anda alami? Sejak kapan keluhan tersebut berlangsung? Apa yang menjadi pencetus timbulnya gatal? Adakah keluhan kulit yang lain seperti kemerahan, muncul bentol, lenting, atau kulit mengelupas? Adakah riwayat alergi sebelumnya?

Penyebab dari kulit gatal bisa bermacam-macam, contohnya seperti:

Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, kontak logam, detergen, bahan kimia, dll.Stres. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Sebagai pertolongan awal, Anda dapat meredakan gatal dengan meminum obat golongan antihistamin. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Bila keluhan tidak membaik segera ke dokter untuk tata laksana selanjutnya. Namun, lebih baik anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapat pengobatan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

12 Sep 2018, 18:40 WIB