Gigi Bungsu Tumbuh

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Selamat pagi,siang,sore,malam, dok. Langsung saja saya ingin bertanya. Sekitar 2 minggu yang lalu ada sariawan tumbuh di samping dalam gusi sebelah kiri bawah paling belakang tepatnya di tempat dimana gigi bungsu akan tumbuh. Sariawan itu tumbuh seakan menbuka ruang untuk gigi bungsu saya keluar. Dan ya, gigi saya jadi beneran keluar dari sariawan tersebut. Dan hal ini sangat terasa mengganjal lidah. Gigi itu tumbuh dengan tidak lazim. Sekarang gigi bungsu ini masih dalam proses utk tumbuh. Lalu, dok, saya harus gimana? Apa ini tidak menimbulkan masalah atau saya harus bagaimana? Terimakasih.

13 Sep 2018, 19:40 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saya turur prihatin atas kondisi yang Anda alami dan saya juga dapat mengerti bahwa keluhan yang Anda rasakan terkait gigi geraham bungsu yang tumbuh memang sungguh mengganggu.  Gigi geraham bungsu yang tumbuh impaksi atau mengalami gangguan pertumbuhan memang dapat menyebabkan beberapa masalah dan gangguan. Gigi impaksi dapat terbenam seluruhnya dalam tulang,  atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring atau posisi abnormal lainnya  Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun dan berbeda-beda pada tiap orang.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi Anda yang impaksi memang tidak dapat dilakukan pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang abnormal sehingga memerlukan operasi minor. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.Selain pembengkakan, infeksi dan beberapa gangguan lainnya gigi impaksi memang dapat menimbulkan gangguan pada daerah sekitarnya dan kepala.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

13 Sep 2018, 19:40 WIB