Mata Gatal dan Berair

Info Penanya, pria 23 Tahun

Hallo dokter, sudah 1tahun ini bawah mata saya hitam padahal saya selalu istirahat cukup Mata selalu berair seperti orang menangis apa ada hubunganya dengan pekerjaan saya 11 jam depan computer? Bahkan kedua bagian mata saya bengkak dan gatal sampai sekarang dok Dan Mata sebelah kanan selalu merah dan sakit tanpa sebab apa ada kaitannya dengan bersin" yang saya alami ya dok karena saya selalu bersin setiap harinya , apalagi kalau udara dingin dan tiap kali membersihkan wajah Setiap kali bersin hidung saya sakit Apa yang saya harus lakukan dok? Terimakasih

14 Sep 2018, 15:15 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah disertai keluhan lain seperti mata merah? Mata gatal dan berair dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

AlergiKojungtivitis, baik konjungtivitis bakteri, konjungtivitis virus, dllMata kering akibat kurangnya air mataEntropion, yaitu suatu kondisi dimana bagian tepi kelopak mata melipat kedalam sehingga bulu mata menggesek permukaan mata. Biasa terjadi pada orang tua.DllBisa saja keluhan ibu Anda terkait dengan adanya alergi pada konjungtiva mata, namun ini hanya dugaan sementara saja karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya mata gatal dan berair maka untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab timbulnya keluhan gatal pada mata pada ibu Anda.

Pengobatan akan diberikan sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter melalui wawancara dan pemeriksaan mata secara langsung. Jika mata gatal disebabkan oleh alergi dokter akan memberikan obat anti alergi (antihistamin) atau tetes mata steroid, jika disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus maka dokter akan memberikan tetes mata antibiotik atau antivirus, jika disebabkan oleh berkurangnya air mata maka dokter akan memberikan air mata buatan, dan lain sebagainya.

Periksakanlah mata Anda secara langsung ke dokter. Penegakkan diagnosis yang lebih dini akan memberikan hasil yang lebih baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

14 Sep 2018, 15:15 WIB