Perut Kembung dan Sesak Nafas

Info Penanya, pria 20 Tahun

Siang dok.. Saya mau tanya, sudah beberapa Minggu perut saya terasa kembung, sedikit sesak nafas, jantung berdebar, kalo jantung berdebar kepala sakit sekali dan mata pun gelap. Saya sudah beberapa kali ke dokter, mereka bilang saya sakit Asam Lambung, tapi sampai sekarang belum kunjung sembuh juga, mohon pencerahannya dok.. Terimakasih

17 Sep 2018, 09:53 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Perut Kembung dan Sesak Nafas  melalui fitur Tanya Dokter

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan keluhan sesak, perut terasa begah, biasanya merupakan maag yang meluas sehingga asam lambung naik ke kerongkongan atau disebut dengan GERD.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, mual, muntah, perut kembung.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,alkohol,rokok dll.

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti :

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecilJangan langsung tidur setelah makan malamHindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnyaHindari stresTidur cukup 8 jam/hariOlahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi, disamping juga dengan berbagai obat- obatan yang diberikan dokter.

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda, dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok stress dapat  merangsang asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Perut Kembung dan Sesak Nafas . Semoga bermanfaat.  

17 Sep 2018, 09:53 WIB