Jerawat Vs Malassezia (Pityrosporum) Folliculitis

Info Penanya, pria 19 Tahun

Tipe kulit saya normal ke berminyak dan pori-porinya besar. Saya mengalami benjolan mirip jerawat namun saat di ekstraksi yg keluar hanya whitehead saja. Letaknya berada di area wajah kanan dan kiri, namun lebih banyak di wajah sebelah kanan. Saya pernah berobat ke dokter kulit dan kelamin dan diresepkan krim, sabun dan doxycycline. Tapi yang saya tebus hanya doxycycline saja, saat obatnya habis diminum wajah sayapun mulai pulih dan benjolannya mulai hilang. Namun saat haid kemarin, benjolannya muncul lagi. Selain itu benjolan ini membuat wajah saya gatal. Kemungkinan saya mengalami Malassezia. Apa yang harus saya lakukan dok? terima kasih

19 Sep 2018, 06:31 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Jerawat vs Malassezia (Pityrosporum) Folliculitis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Bintik kecil berisi nanah pada wajah dapat disebabkan oleh jerawat atau Malassezia (Pityrosporum) folliculitis, infeksi jamur yang memiliki tampakan seperti jerawat karena pertumbuhan flora normal kulit yang berada di atas ambang normal.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sedangkan faktor pemicu Malassezia (Pityrosporum) folliculitis adalah gangguan sistem imun, antibiotik atau pemakaian pelembab berlebihan.

Gejala yang ditampilkan Malassezia (Pityrosporum) folliculitis adalah bintik-bintik kecil berisi nanah dengan besar yang seragam pada daerah dada, punggung, lengan atas dan wajah. Sedangkan jerawat memiliki besar yang sangat variatif.

Penanganan dari kedua kelainan kulit ini sangat berbeda.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Sedangkan pengobatan  Malassezia (Pityrosporum) folliculitis yang efektif adalah obat anti jamur oral kendati pemberian retinoid acid pada daerah yang terkena juga dapat memberikan hasil.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik, sehingga penyebab dari kelainan kulit yang Anda alami dapat diketahui dan diberikan tata laksana yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Demikian informasi seputar Jerawat vs Malassezia (Pityrosporum) Folliculitis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

19 Sep 2018, 06:31 WIB