Nyeri Pada Puting Payudara dan Keputihan

Info Penanya, wanita 28 Tahun

Dok beberapa hari ni sekitar puting payudara sblh kanan trasa sakit jika tersentuh,,lalu kepala sy srg terasa pusing.. dan akhir2 ini juga keputihan... kenapa ya dok

19 Sep 2018, 06:50 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Nyeri Pada Puting Payudara dan Keputihan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Selain nyeri di puting apakah ada keluhan lain seperti benjolan? keluar nanah dari puting? puting tertarik ke dalam? kulit payudara seperti kulit jeruk? Nyeri puting payudara dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar, alergi, trauma (gesekan) atau memang akibat hormonal.

Beberapa penyebab nyeri pada puting:

-Nyeri pada puting payudara seringkali disebabkan oleh trauma akibat gesekan berlebihan pada daerah puting. Penggunaan bra yang tidak sesuai ukuran dan jenis saat beraktivitas terutama olahraga dapat menimbulkan gesekan yang menyebabkan nyeri. Gesekan berlebih juga tanpa disadari sering terjadi saat berhubungan seksual.

-Nyeri pada puting dapat pula disebabkan akibat alergi terhadap bahan bra, deterjen, lotion atau sabun mandi serta air panas atau terlalu dingin.

-Menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara hingga puting. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Nyeri ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron.

-Gejala dari tumor payudara, paget's disease namun sangat jarang (1%)

-Jika nyeri puting payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas di payudara saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara (mastitis).

Infeksi ini dapat terjadi akibat adanya luka pada puting payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya. Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari puting payudara)

Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah). Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Apabila ada gejala lainnya, seperti:

- rasa gatal pada kemaluan

- rasa terbakar pada kemaluan

- bau amis atau bau ikan busuk pada keputihan

- keputihan yang bergumpal atau berbusa

Apabila memang ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas maka kemungkinan ini adalah keputihan yang patologis. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Untuk menjaga agar keputihan tidak datang kembali, gunakanlah pakaian dalam yang kering, gantilah pembalut atau pantyliners tiap tiga-empat jam sekali, cebok dengan arah depan ke belakang, dan selalu keringkan.

Keputihan yang terjadi akibat infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya. Apabila keputihan ini berlanjut dan ada tanda-tanda yang saya tanyakan di atas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi seputar Nyeri Pada Puting Payudara dan Keputihan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

19 Sep 2018, 06:50 WIB