Alergi Makanan

Info Penanya, pria 20 Tahun

Selamat malam dok Saya mau konsultasi nih... Saya selalu mengalami gatal gatal di seluruh badan apabila olahraga setelah makan yg mengandung protein. Apakah itu penyakit autoimun,ginjal atau yg lain.. Apakah itu bisa diobati atau gk.. Dan itu sangat menggangu aktivitas saya. Mohon penjelasannya Terima kasih

20 Sep 2018, 03:46 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, sepertinya Anda mengalami alergi terhadap makanan. Anda harus cari tahu alerginya karena makanan yang mana. Pemeriksaan untuk adanya alergi terhadap jenis makanan tertentu dapat dilakukan dengan skin prick test atau patch test. 

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen.Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda. 

Namun, bila sudah terlanjur terkonsumsi, Anda dapat menggunakan obat golongan antihistamin untuk meredakannya. Sebelumnya, diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,Salam sehat,

20 Sep 2018, 03:46 WIB