Selalu Bersin Tiap Dingin 20 September 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Selalu Bersin Tiap Dingin

saya mau tanya dok, saya tinggal di malang jatim. sebelumnya saya normal, namun semenjak SMP setiap bangun pagi atau udara sedang dingin2nya saya selalu bersin2 dan pilek (cairan bening dan encer seperti air) berjam2 sampai siang hari atau suhu mulai hangat. setahun belakangan ini sering muncul di kulit bintik2 merah dan bentol2 terutama saat suhu sedang dingin2nya. setiap saya cuci muka hanya dengan air biasa yg dingin, muka saya langsung gatal2. padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti ini dok. apa keduanya ini karena alergi dingin dok? jika iya kenapa gejalanya tidak muncul bersamaan namun berselang bertahun2 dulu? terima kasih

Lihat Selengkapnya
pria, 26 Tahun20 Sep 2018, 11:31 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sering flu, pilek atau bersin pada pagi hari (saat dingin) yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi.

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus Anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.

Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Rinitis Alergi.

Adapun terkait kulit, memang juga bisa disebabkan oleh kondisi alergi. Mengapa keduanya tidak muncul bersamaan, bisa saja terkait dengan ambang kadar alergennya. Misalnya untuk menimbulkan reaksi alergi kulit dibutuhkan paparan dingin yang lebih kuat, atau hal lainnya. Penyebab lain juga masih bisa menyebabkan gangguan kulit tersebut, misalnya sabun wajah yang Anda gunakan, atau perawatan kulit lainnya. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar anda mengalami rinitis alergi dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat