Kelopak Mata Bengkak dan Banyak Belekan

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Saya kemarin sakit mata di sebelah kanan sampai bengkak di bagian kelopak, terus kalau tidur tiba-tiba suka keluar air mata gitu dan juga kalau bangun di bulu mata udah ada lendir warna hijau dan juga lengket susah mau buka mata nya, lalu penglihatan mata kanan saya jadi rabun. Trus sakit mata nya nular ke mata kiri. habis satu minggu baru cek ke dokter mata. Di kasih obat antiseptik sama obat tetes mata gitu. Udah konsumsi selama seminggu. Udah mengurangi mata merah nya. Cuma kelopak mata sama masih rada bengkak gitu. Dan lagi penglihatan kedua mata saya jadi rabun. Duduk paling depan pun apa yang ditulis guru gak kelihatan, liat wajah orang pun kayak blur gitu. Sebelum nya mata saya gak rabun. Itu bakalan sembuh dengan sendiri nya atau gimana ya?

20 Sep 2018, 12:07 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang kelopak mata bengkak dan banyak belekan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Belekan, sebutan lain untuk kotoran mata, adalah hasil sekresi dari kelenjar air mata yang terakumulasi selama seseorang tertidur, dan bercampur dengan debu/ kotoran. Belekan umum ditemukan pada sudut dalam mata, saat seseorang bangun dari tidur. Semakin banyak jumlah debu/ kotoran yang terdapat pada mata seseorang, maka jumlah belekan juga relatif bertambah.Belekan dapat berkonsistensi basah dan lengket, namun bisa juga kering, tergantung atas seberapa banyak air mata pada kotoran tersebut telah terevaporasi. Sejauh jumlahnya tidak berlebihan, belekan bukan merupakan suatu kelainan atau kondisi gangguan kesehatan. Namun, ada kalanya jumlah kotoran mata sangat banyak hingga memenuhi bulu-bulu mata, terkadang sampai menyebabkan mata lengket dan sulit dibuka.

1. Blefaritis. Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri stafilokokus. Gejala umum yang terjadi pada blefaritis adalah iritasi mata, benda asing di mata, belekan berlebihan, kelopak mata gatal, merah dan bengkak, dsb. Kelopak mata dapat kotor dan terdapat kotoran mata. Kotoran ini dapat menyebabkan kelopak mata lengket dan menempel pada saat malam hari. Blefaritis terjadi utamanya akibat infeksi kuman, maka penjagaan higien adalah cara pencegahan yang utama. 

2. Konjungtivitis. Konjungtivitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada salah satu bagian mata yang disebut konjungtiva. Saat terjadi konjungtivitis, dapat muncul gejala mata merah, berair, gatal, banyak kotoran mata, silau dan perih. Konjungtivitis yang disebabkan oleh virus merupakan penyebab yang tersering ditemukan. Adapun konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Pencegahan dari penyakit ini adalah dengan sering mencuci tangan bila terdapat penderita konjungtivitis disekitar Anda.

3. Keratitis. Keratitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada kornea mata. Karena dekatnya kornea dengan area terluar mata, seringkali penyakit ini juga disertai banyaknya kotoran pada mata. Gejala pada keratitis cukup mirip dengan konjungtivitis, namun umumnya terjadi pandangan kabur pada keratitis, yang tidak ditemukan pada konjungtivitis.

Tiga penyakit di atas adalah contoh penyakit yang memiliki manifestasi berupa munculnya belekan berlebihan. Gejala pada blefatritis sepertinya cocok dengan kondisi yang Anda alami. Bila memang terdapat rabun bisa terjadi akibat penjalaran ke selaput bening mata. Ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut pada dokter yang memberi Anda obat, agar perkembangan penyakit tersebut bisa terkontrol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kelopak mata bengkak dan banyak belekan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

20 Sep 2018, 12:07 WIB