Mata Sering Berkedip

Info Penanya, pria 29 Tahun

Salam Sehat Ayah saya mempunyai penyakit katarak setelah operasi mata kanan dan kiri kurang lebih 2 tahun yg lalu penglihatannya bagus, tetapi saat ini sering kedip" sendiri setelah berobat ke dokter spesialis mata dan spesialis syaraf masih belum ada perubahan yg signifikan mohon penjelasannya dokter. atas bantuannya disampaikan terima kasih.

20 Sep 2018, 14:55 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya mata dapat berkedip sebanyak kira - kira 10 kedipan dalam 1 menit dengan jarak setiap kedipan yaitu 2 - 10 detik. Mengedipkan mata adalah refleks akibat mata kering dengan tujuan untuk melembabkan mata. Melihat dari informasi bahwa anak Anda sering menonton dan main game bisa saja keluhan anak Anda disebabkan karena mata kering. Berkedip yang semakin cepat juga dapat disebabkan oleh kondisi kelelahan, beberapa efek dari obat, dan penyakit lain pada mata. Namun ada beberapa penyakit juga yang dapat menyebabkan berkedip yang berlebihan seperti gangguan saraf pusat. 

Coba Anda lakukan pemeriksaan ke dokter mata, oleh karena kedipan itu merupakan reflex untuk membasuh bola mata, mungkin saja  ayah Anda menderita mata kering dan bisa menimbulkan gejala gatal. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

20 Sep 2018, 14:55 WIB