Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB

Info Penanya, pria 25 Tahun

Dok saya mw tanya, saya baru kb suntikb3 bln bulan september 2018 ini, saya bln august bln kb mens tgl 14 gtu, dan stlh kb suntik 3 bln septmber ini saya ada kyk keluar darah dikit skli, tgl 18 septmber ini, ap itu efek suntik 3 bln dok, tp darahnya sedikit dok

21 Sep 2018, 22:20 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

21 Sep 2018, 22:20 WIB