Gangguan Cemas Berlebihan

Info Penanya, pria 24 Tahun

Assalamualaikum wr wb Nama saya adyus umur saya 24 tahun, saya mau tanya tentang penyakit yg saya alami sejak tahun 2013 sampai sekarang masih belum sembuh, saya sudah coba berobat kemana mana bolak balik periksa kedokter terapi akupuntur konsumsi obat obatan herbal bahakan saya pernah citisken karna sya hawatir ada apa apa dikepala saya. Namun tidak membuahkan hasil, dokter hanya bilang kalo saya tidak punya gejala penyakit yang serius. Padahal saya rasa penyakit ini menyiksa sekali saya bertahun2 hanya diam dirah dan tidak bisa beraktifitas spt org normal lainnya. Gejala yg saya rasakan : - Sering meriang badan terasa panas - jantung berdebar dan panik yang luar biasa - kagetan, mudah emosi, tidak suka suara keras - kepala sakit terutama di bagian belakang dan suka kleyengan - sesak didada dan panas - tenggorokan sakit seperti mau flu - gigi dan gusi sakit kadang sering ada benjolan di gusi - sering lapar dan perut terasa kembung - leher hingga kepundak dan punggung terasa pegal dan sakit - mata sebelah kiri sakit dan pandangan kabur - muka terasa tegang linu dan sakit - sering kesemutan dikaki dan tangan Ma'af dok kira2 gejala apa yah mohon pencerahannya dok mohon sekali, barangkali temen2 juga ada yang mengalami penyakit yg sama seperti saya mohon pencerahannya. Terimakasih

23 Sep 2018, 18:25 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Gangguan Cemas Berlebihan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

 

Dari yang Anda jabarkan sepertinya mengalami gangguan cemas berlebihan yang sangat berdampak pada kondisi fisik dan kejiwaan Anda.Cemas/kecemasan adalah perasaan gelisah, khawatir atau takut. Kecemasan dalam kadar tertentu (sedikit) dapat membantu, misalnya ketika Anda cemas sebelum ujian, hal itu akan membuat Anda lebih waspada/siaga sehingga performa akan lebih baik. Tetapi kecemasan yang terlalu banyak akan membuat Anda lelah dan sulit berkonsentrasi.

Kecemasan memiliki gejala psikologis dan fisik. Gejala psikologis termasuk:

·         Hampir selalu merasa khawatir atau gelisah

·         Sulit tertidur sehingga merasa lelah

·         Sulit berkonsentrasi

·         Menjadi mudah marah

·         Menjadi sangat waspada/siaga

·         Merasa di ujung tanduk/tidak bisa rileks

·         Seringkali membutuhkan penghiburan dari orang lain

·         Merasa sedih

·         Ketika Anda cemas, tubuh akan mengeluarkan hormon stress seperti adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini menimbulkan gejala fisik kecemasan, seperti peningkatan laju jantung dan berkeringat. Gejala lain yaitu:

o    Jantung berdebar-debar dan menyentak

o    Bernafas lebih cepat

o    Irama jantung tidak teratur

o    Merasa sakit

o    Nyeri dada

o    Sakit kepala

o    Berkeringat berlebihan

o    Kehilangan nafsu makan

o    Rasa melayang seperti mau pingsan

o    Sering merasa ingin BAK

o    Rasa seperti ada yang menggelitik di dalam perut

o    Ketegangan otot-otot

o    Apabila gejala-gejala kecemasan ini sudah dialami dalam jangka waktu yang panjang (>2 bulan), kemungkinan besar Anda mengalami gangguan cemas.

Gangguan cemas dapat diatasi dengan maupun tanpa obat-obatan. Penggunaan obat-obatan harus atas indikasi dokter yang menangani.Bila kondisi ini sangat mengganggu kualitas hidup Anda, kami sarankan Anda mengunjungi psikiater atau psikolog untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian untuk masalah Anda. Anda juga dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi kecemasan yang dialami:

·         Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan

·         Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya

·         Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut

·         Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Demikian informasi seputar Gangguan Cemas Berlebihan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

23 Sep 2018, 18:25 WIB