Nyeri di Anus

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Halo dok .saya mau tanya kenapa anus sebelah kiri terasa keras dan sakit untuk berjalan dan duduk .dan menimbulkan deman kira" gejala apa dok .

25 Sep 2018, 13:39 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab nyeri di anus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa hal yang masih perlu kami tanyakan adalah sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Apakah terdapat benjolan di anus? Apakah ada riwayat BAB berdarah dan terasa nyeri?

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Terdapat krim yang digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Untuk memastikan apa penyebab nyeri pada anus Anda, perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Kami sarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk evaluasi menyeluruh. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam.

25 Sep 2018, 13:39 WIB