Mengatasi Alergi Makanan

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Hallo Dokter, Saya mau tanya, saya punya Alergi yang sudah saya derita semenjak saya masih umur 7 tahun, dan alergi itu terus berlanjut sampai sekarang dimana saya sudah berumur 27 tahun. Alerginya akan muncul jika saya makan daging ayam ataupun telur ayam dan telur burung puyuh. Alerginya itu didaerah betis kaki. Jika alerginya muncul, akan menimbulkan rasa gatal yg luar biasa dan sebelumnya saya sempat berobat ke dokter dan diberikan obat salep “INERSON” obat ini sudah saya pakai hampir 4 tahun, dan dipakainya jika reaksi alerginya muncul. Efek dari obat ini merubah pigment kulit saya menyebabkan kulit diseputaran betis kaki saya berubah warna agak gelap. Pertanyaan saya apakah alergi saya ini dikategorikan sebagai penyakit kulit eksema dan apakah obat salep “inerson” yg saya pakai hanya meredakan rasa gatalnya saja dan tidak menyembuhkan penyakitnya? Karena jika saya makan daging ayam/telur reaksi alergi akan tetapa timbul. Jika mungkin ada obat yg bisa direkomendasikan saya mohon dibabtu. Teruma kasih

26 Sep 2018, 07:37 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Mengatasi Alergi Makanan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika memang timbul gejala alergi seperti merah-merah atau gatal-gatal timbul setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu, memang kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi terhadap makanan tersebut. 

Makanan yang menyebabkan alergi sebaiknya dihindari. Gejala alergi yang timbul dapat berbeda-beda. Jika merah-merah saja sebenarnya tidak masalah jika Anda terpaksa memakan makanan tersebut, setelah itu Anda bisa mengonsumsi obat alergi. Namun jika sangat menggangu sebaiknya dihindari. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan alergi. Sehingga anda memang perlu menghindarinya. 

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi seputar Mengatasi Alergi Makanan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

26 Sep 2018, 07:37 WIB