Anak Batuk Pilek Demam 26 September 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Anak Batuk Pilek Demam

hai dokter, apakah suhu didalam kamar sangat mempengaruhi suhu badan bayi? Kebetulan didalam kamar kami cenderung bersuhu panas. Kami juga terkadang menyalakan AC jika diperlukan, tetapi entah hanya perasaan saya saja atau memang bayi saya sedikit kurang tahan dengan AC, dia menjadi batuk (terkadang suhu badannya juga sedikit hangat). Berapa suhu yang tepat ketika saya harus menyalakan AC? Bagaimana penanganan pertama ketika anak batuk disertai demam ringan? Kapan saya harus membawa anak saya ke dokter untuk mengobati batuk dan demam ringannya? terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 28 Tahun26 Sep 2018, 08:41 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Anak Batuk Pilek Demam menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda, sebaiknya bayi memang tidak diberikan suhu ruangan dengan AC yang terlalu dingin karena bayi mudah sekali terkena virus. Bayi juga selama 9 bulan didalam kandungan dengan subuh tubuh ibu yang cendrung hangat. suhu AC untuk bayi jika anda ingin menggunakan AC sebaiknya 27 derajat celcius atau lebih baik suhu ruangan saja tanpa menggunakan AC.

Batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Namun tentu saja untuk mengetahui kondisi anak Anda sesungguhnya harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu karena sulit untuk mendiagnosis penyebabnya apabila tidak dilihat secara langsung. Apakah anak Anda mengalami perbaikan gejala/keluhan? Jika selama 7-10 hari  semenjak sakit, tidak nampak adanya perbaikan gejala pada anak Anda atau bila memang anak Anda juga sudah semakin sulit bernapas dan ingus atau dahak menjadi semakin kuning-kehijauan maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter anak Anda.

Demikian informasi seputar Anak Batuk Pilek Demam yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bayi Bronchopneumonia

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Perlukah Antibiotik Saat Bayi Demam

Dijawab oleh:dr. Kartika Mayasari

Bayi Batuk 1 Minggu

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat