Gejala Penyakit jantung

Info Penanya, pria 29 Tahun

Assalamu'alaikum Selamat malam dok mohon pencerahannya, ne hasil ekg pribadi saya, akhir ini 2 bulan sering merasakan nyeri pada bagian dada sebelah kiri dan sifatx berpindah pindah, kejadian ne sudah saya rasakan 1 tahun yang lalu, saya perokok aktif, batuk juga udah 2 bulanan. Ini artinya apakah saya ada masalah dengan jantung saya.terima kasih

26 Sep 2018, 14:56 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai sakit jantung.

Kami mohon maaf karena tidak menemukan lampiran hasil EKG Anda. Namun kami akan memberikan informasi yang Anda butuhkan seputar gejala sakit jantung. Beberapa gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai adalah:

- Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul.

- Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat.

- Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.

- Sulit bernapas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

- Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.

- Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

- Keringat dingin yang berlebihan.

- Rasa lelah meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat.

Penyakit jantung koroner diakibatkan timbunan lemak di pembuluh darah yang membentuk plak. Hal ini dapat dialami pada mereka yang obesitas atau hiperkolesterol. Merokok memang benar akan meningkatkan risiko terjadinya sakit jantung.

Demikian informasi mengenai sakit jantung. Semoga bermanfaat.

Salam,

26 Sep 2018, 14:56 WIB