Masa Subur

Info Penanya, pria 25 Tahun

Siang dok, saya mau tanya.. Saya jadwal terakhir hand tanggal 3 Agustus 2018 lala saya belum haid juga dan saya pergi ke dokter kandungan waktu di USG ternyata saya sedang masa subur terlihat sel telur saya berukuran 18 yang paling besar. pertanyaan saya dok: 1. apakah normal saya telat haid namun malah masa subur? 2. apakah mash ada kemungkinan saya hamil? 3. saya takut sel telur saya gagal pecah dok, pakah muntkin krn masa subur pada waktu PMS ini mengakibatkan hal hal yang buruk? Terimakasih ya Dok...

27 Sep 2018, 10:27 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya mengenai perhitungan masa subur melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu diketahui bahwa masa subur memang terjadi sekitar 2 minggu sebelum haid berikutnya. Dengan kata lain, tentunya normal bila seseorang yang telat haid mengalami masa subur. Hal ini menandakan (walaupun belum pasti) haid Anda akan datang kira-kira 2 minggu lagi. Bila memang tampak sel telur Anda berukuran besar, hal itu berarti Anda subur dan dapat terjadi kehamilan. Bila mengharapkan kehamilan maka paling baik berhubungan badan pada saat ini.

Terakhir, masa subur justru memang terjadi pada saat dimana kondisi hormonal yang fluktuatif yang efek sampingannya adalah gejala PMS. Dengan kata lain, masa subur dan PMS yang Anda alami bersamaan itu bukanlah hal abnormal karena memang normalnya keduanya terjadi hampir bersamaan. 

Maka yang Anda alami sekarang adalah hal yang normal, dan sebaiknya bila menginginkan kehamilan, Anda berhubungan intim dengan suami pada masa ini.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.Anggap hari pertama haid Anda tanggal 17 Maret sebagai hari pertama siklus haid. Dengan asumsi siklus haid rata-rata 28 hari, maka Anda akan berovulasi tanggal (17+14) = 31 Maret. Masa subur dimulai sejak 31-2 = 29 Maret hingga 31+3 = 3 April. Jadi, masa subur Anda ialah 29 Maret hingga 3 April.

Jika Anda kesulitan untuk memperhitungkan masa subur secara manual. Silakan gunakan health tools kami di sini: Kalender Kesuburan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,Tim Redaksi Klikdokter

27 Sep 2018, 10:27 WIB
Willy SetiawanWilly Setiawan

ini saya istri mas willy setiawan

Willy SetiawanWilly Setiawan

selamat malam dok saya mau tanya kemarin saya hed ya maju mundur gituh kemarin hed ya jatuh tgl 22 sampai 26 cuman flek aja coklat bukan darah kaya biasa ya kenapa y dok?apa itu tanda"akan hamil?

Tanya Dokter
Perhitungan Masa Subur
Tanya Dokter
Menghitung Masa Subur
Tanya Dokter
Berhubungan Intim Sekali, Apakah Bisa Hamil?
Kenali Penyebab Badan Lemas Saat Haid (Cookie Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Kenali Penyebab Badan Lemas Saat Haid
Tanya Dokter
Mencegah Keguguran
Tanya Dokter
Menghitung Masa Subur
Cara Menentukan Masa Subur Jika Haid Tidak Teratur (YAKOBCHUK VIACHESLAV/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Menentukan Masa Subur Jika Haid Tidak Teratur
Tanya Dokter
Cara Cepat Hamil
Tanya Dokter
Perhitungan Masa Subur
Tanya Dokter
Hitung masa subur haid tidak teratur