Keluhan pada saat hamil

Hy dok,saat ini saya hamil bulan ke 4 anak ke dua,saat ini saya mengalami banyak sekali keluhan diantaranya; 1.batuk berdahak dimulai pada awal kehamilan sampai pernah kluar dahak darah 2.radang tenggorokan hingga makan pun susah 3.gatal di badan panas 4.nyeri di bagian bawah rusuk sama tulang pinggang hingga menghambat aktifitas sampai'' susah berjalan 5.mual muntah berlebihan sampai keluar cairan kuning dan rasanya pahit 6.rongga hidung selalu ada darah yg mngumpal

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun28 Sep 2018, 12:04 WIB

dr. Devia Irine Putri

Dijawab oleh:

dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar keluhan saat hamil dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami sangat memahami bahwa keluhan - keluhan yang Ibu sampaikan sangat mengganggu keseharian Ibu dan membuat jadi tidak nyaman. Keluhan tentang nyeri di bawah tulang rusuk disertai dengan mual muntah hingga mengeluarkan cairan kuning dan rasanya pahit bisa saja merupakan tanda dari GERD ( Gastro-Esophageal Disease). GERD sendiri adalah kembalinya cairan atau makanan yang sudah tercampur asam lambung ke esofagus, seharusnya tetap berada di lambung. Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD antara lain adalah kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya. Biasanya GERD juga disertai dengan rasa terbakar pada dada. Asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan dapat mengiritasi tenggorokan sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan saat menelan. Ibu bisa saja mengkonsumsi obat untuk menurunkan asam lambung, namun lebih baik Ibu berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui obat mana yang aman untuk ibu hamil.

Batuk berdahak hingga mengeluarkan dahak dan adanya darah yang menggumpal di rongga hidung bisa saja disebabkan oleh adanya trauma misalnya batuk terlalu keras dan memaksakan dahak keluar, atau saat mengeluarkan ingus terlalu keras. Tetapi jika batuk darah semakin sering muncul,dan rasa tidak nyaman di tenggorokan akibat meningkatnya asam lambung segera pergi ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan terapi yang sesuai. 

Yang bisa Ibu lakukan di rumah untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat GERD adalah :

  • Menghindari stress, karena stress memicu meningkatnya asam lambung
  • Menghindari makanan yang memicu meningkatkan asam lambung seperti makanan berlemak, pedas, kopi, teh
  • Makan sedikit namun sering, tidak harus langsung makan dalam porsi besar
  • Meninggikan bantal saat tidur
  • Minimal makan terakhir 4 jam sebelum tidur

Demikian informasi yang bisa diberikan mengenai keluhan - keluhan yang Ibu rasakan saat kehamilan ini, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri Dada dan Sesak Nafas

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Obat Batuk Selama Hamil

Dijawab oleh:dr. Atika

Sembelit Selama Hamil

Dijawab oleh:dr. Atika

Terlambat Haid, Hamil?

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Nyeri Bokong Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk