Daerah Miss V terdapat bercak putih

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Selamat malam dok. Umur saya 21 tahun, saya sudah menikah. Saya punya masalah dengan miss v saya Didaerah bibir V ada kayak putih putih seperti daki gitu dok. Padahal saya sudah jaga kebersihan. Rajin ganti celana dalam, juga sampe pake sabun pembersih. Tapi tetap saja masih ada putih2 nya. Itu apa ya dok? Bahaya apa enggak? Cara menghilangkannya gimana? Malu dan gak PD saat mau berhubungan dengan suami. Suami selalu tanya "Ini apa?" malah saya dibilang jorok sm suami, kan malu. Padahal juga udah jaga kebersihan Tolong dijawab ya dok. Terimakasih

28 Sep 2018, 13:58 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar daerah kewanitaan melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai adanya bercak putih di daerah miss V, mungkin hal ini mengarah kepada keputihan. 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan terdiri dari dua macam, fisiologis (alami) dan patologis (kelainan). Keputihan alami adalah keputihan yang masih bersifat normal. Karakteristik dari keputihan ini antara lain berjumlah sedikit, cair, bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Keputihan alami dapat terjadi karena perubahan hormonal selama siklus haid, stres, kehamilan, alat kontrasepsi, dan aktivitas seksual.Sementara itu, keputihan kelainan adalah keputihan yang tidak normal. Keputihan ini bersifat bau, gatal, dan jumlahnya cukup banyak. Penyebabnya bisa karena proses infeksi, alergi, benda asing, atau tumor di saluran reproduksi.

Untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan, Anda sudah benar. Rajin mengganti celana dalam, membasuh miss V setiap kali selesai BAK, menghindari penggunaan celana yang ketat dan tidak menyerap keringat. Anda tidak perlu membasuh miss V dengan sabun pembersih karena justru akan mengganggu flora normal / bakteri baik yang berkembang di miss V. Apabila hal ini sudah mengganggu, hendaknya segera konsultasikan kepada dokter spesialis kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pemeriskaan lebih detail dan diagnosis pasti sehingga bisa diobati dengan tepat.

Demikian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat. Salam Sehat.

28 Sep 2018, 13:58 WIB