Sakit Perut dan Muntah

Info Penanya, pria 32 Tahun

Dok ibu saya memiliki gejala Muntah Air, Skit Yang Hebat dibagian perut, dan sering sakit dada, penyakit apakah itu dok, dan bagai mana mengananinya?. Tolong Jawab Dok

30 Sep 2018, 17:30 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Sakit Perut dan Muntah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan?

Bila jawabannya ya untuk pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar, kebiasaan Anda membuat sakit maag Anda kambuh sakit maag. Rasa panas, perih di perut; mual; sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Apakah Anda menderita stress? Bila dengan obat maag ternyata keluhan Anda tidak membaik, maka ada kemungkinan Anda menderita stress dan memicu sakit maag.

Sangat mungkin juga, Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Hal ini juga dapat memicu sakit maag. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Pada saat haid biasanya tubuh memang terasa tidak enak dan kurang stamina sehingga perlu makan dan istirahat yang teratur sehingga gejala maag tidak kambuh.

Keluhan BAB mencret; sakit kepala; kaki pegal-pegal; napas sesak; takut/cemas dapat berkaitan dengan stress dan pola hidup yang kurang sehat.

Untuk mendapatkan stamina yang baik kami sarankan Anda cukup berisitirahat, makan makanan dengan gizi seimbang dan mencoba mengurangi stress.

Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan fit, Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

  • Makan teratur (3x/hari)
  • Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)
  • Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  • Tidak merokok
  • Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi
  • Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Bila dengan prubahan pola hidup keluhan Anda tidak juga teratasi, sebaiknya periksakan diri Anda kepada dokter terdekat agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar Sakit Perut dan Muntah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

30 Sep 2018, 17:30 WIB