Tekanan Darah pada Penderita Jantung

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Ass dok . saya mau nanya ayah saya mempunyai penyakit jantung dan sudah memakai 3 ring . nah biasanya tekanan darah ayah saya tinggi/ normal .jika mengalami keletihan darah menjadi tinggi . tetapi beberapa minggu ini ayah darah nya naik turun . dan bbrp hari ini darah nya dibawah normal . penyebab dan penanganan nya gimana dok? Bahaya atau tidak yg mempunyai penyakit jantung . tetapi tensi nya naik turun ? Terimakasih dok

01 Oct 2018, 09:34 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar tekanan darah pada penderita jantung di fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Apakah obat darah tinggi diminum secara rutin? Berapa tekanan darah yang dimaksud rendah oleh Anda? Berdasarkan penelitian pada pasien jantung post pemasangan ring, target untuk tekanan darah-nya adalah 130-140/80-90 mmHg. Tekanan darah tersebut di anggap dapat menjaga aliran darah ke jantung dan dapat mencegah terjadinya serangan jantung kembali. 

Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan apabila tekanan darah rendah :

  • Perbanyak mengkonsumsi air putih

  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

  • Olahraga teratur seperti berjalan, berenang, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu

  • Berbaring dan mengangkat kaki melebihi tinggi jantung

Tekanan darah yang terlampau rendah akan menyebabkan aliran darah tidak sampai ke organ - organ penting seperti jantung, otak. Keadaan seperti ini dapat dikategorikan sebagai syok sehingga bisa membahayakan seseorang karena dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

Apabila tekanan darah tidak mencapai target, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada ke dokter spesialis jantung untuk mendapatkan penjelasan dan terapi lebih lanjut. Demikian informasi yang bisa diberikan seputar tekanan darah pada penderita jantung, semoga bermanfaat. Salam sehat.

01 Oct 2018, 09:34 WIB