Alergi Makanan

Info Penanya, pria 26 Tahun

Dok, waktu saya masih SD saya alergi terhadap telur puyuh, sehabis makan telur puyuh badan saya gatal-gatal. Tetapi, setelah dewasa saya sudah tidak alergi dengan telur puyuh dan alergi saya berubah menjadi alergi terhadap ikan ataupun olahan ikan dan sosis. Apakah alergi dapat berubah dan apakah bisa di sembuhkan?

07 Oct 2018, 06:27 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Faktor genetik (keturunan) memegang peranan yang sangat penting dalam kasus alergi. Jika kedua orang tua memiliki alergi maka anaknya akan mengalami kecenderungan besar untuk mengalami alergi juga.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Hal yang paling penting dalam penanganan alergi adalah pengenalan akan faktor penyebab dan menghindarinya. Dalam kasus Anda adalah makanan tertentu dan cuaca tertentu. Untuk itu, Anda harus meneliti makanan apa saja dan cuaca seperti apa saja yang menyebabkan Anda alergi dan menghindarinya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Namun demikian, beberapa sebagian gejala alergi pada anak akan menghilang setelah dewasa. Namun, tetap ada potensi alergi akan muncul kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

07 Oct 2018, 06:27 WIB