Nyeri lutut

Info Penanya, pria 22 Tahun

saya mau tanya dok tiap saya meluruskan kaki atau berdiri saya merasakan nyeri di lutut kiri dan pernah sewaktu saya pijat lutut kiri saya terasa seperti panas dok saya merasakan nyeri lutut ini kira-kira sudah seminggu. Penyebabnya apa dok dan kira2 pengobatannya seperti apa? terimakasih

08 Oct 2018, 10:53 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll) atau cedera.

Dari deskripsi yang anda berikan, masih terdapat beberapa hal yang belum jelas, seperti :

  • Bagaimana sifat nyeri yang anda rasakan? apakah terus menerus, nyut-nyutan, seperti ditusuk,dll
  • Apa aktivitas atau pekerjaan anda sehari-hari
  • Adakah perasaan baal atau kesemutan pada kaki atau telapak kaki
  • Adakah riwayat demam sebelum muncul nyeri?
  • adakah riwayat trauma sebelumnya?

Karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, khususnya oleh dokter spesialis penyakit atau ortophedi/bedang tulang dalam serta pemeriksaan penunjang baik pemeriksaan laboratorium, foto rontgen maupun pemeriksaan lain untuk memastikan penyebab nyeri lutut yang terjadi apakah dikarenakan suatu proses infeksi atau peradangan. Jika semua hasil normal mungkin memang benar penyebabnya adalah karena berat badan berlebih. Berat badan berlebih membuat beban di daerah lutut semakin berat sehingga bisa menimbulkan peradangan/arthritis. Sementara ini lanjutkan dulu konsumsi obat anti nyeri nya, jika perlu lakukan pemeriksaan laboratorium untuk menyingkirikan kemungkinan penyebab lainnya. Selagi melakukan pengobatan, lakukan juga diet sehat untuk menurunkan berat badan. Hindari olahraga yang membuat beban lutut semakin berat. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

08 Oct 2018, 10:53 WIB