Nyeri Lutut Akibat Trauma

Info Penanya, pria 19 Tahun

Selamat Malam Dokter. Saya mau bertanya, Kemarin saya turun dari kursi yang tidak tinggi, saat turun tiba tiba otot/urat di lutut kanan sisi atas kiri saya seperti tertarik. Kemudian bagian tersebut menjadi sakit, tapi tidak bengkak ataupun merah. Lulut tersebut bila ditekan terasa sakit, menekuk lutut juga, tapi saya dapat berjalan normal tampa sakit. Apakah lutut saya keseleo? Jika iya apa yang harus saya lakukan untuk merawat lutut saya? Terima kasih dok. Saya sangat berharap jawaban dari dokter.

08 Oct 2018, 13:18 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Perlu diperhatikan kapankah lutut Anda terasa nyeri? Apakah selalu sepanjang hari atau hanya saat melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu, seperti naik tangga atau memutar kaki?

Ada kemungkinan nyeri yang Anda alami saat ini merupakan akibat kecelakaan motor yang lalu atau juga mungkin karena suatu gangguan yang baru. Untuk mengetahui dengan pasti penyebab hal tersebut diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti MRI atau USG. Rontgen kemungkinan besar tidak akan memberikan informasi tambahan karena pada foto rontgen yang terlihat adalah struktur tulang, sedangkan otot dan ligamen di sekitar lutut tidak dapat dievaluasi dengan rontgen.

Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri.

Karena kurangnya informasi, sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut anda. Disamping itu, karena banyaknya struktur lutut yang mungkin menjadi penyebab, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunjang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis bedah orthopedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Sementara itu, untuk mengurangi nyeri Anda dapat melakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian lutut) contoh: memakai brace lutut

R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat lutut nyeri)

I : Ice (mengkompres lutut dengan es bila terasa nyeri)

C : Compress (membalut lutut yang terasa nyeri) contoh: memakai elastic bandage

E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)Selain itu dapat pula mengkonsumsi obat minum untuk mengurangi rasa nyeri, biasanya obat anti inflamasi seperti asam mefenamat atau natrium diklofenak, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

08 Oct 2018, 13:18 WIB