Vaksin MR Pasca Vaksin Campak

Info Penanya, wanita 34 Tahun

Selamat malam, Dok Anak saya usia 10 bln, bulan september 2018 dikasi vaksin campak. Apakah boleh di vaksin MR dibulan Oktober ini? artinya jangka waktu nya hanya sebulan. Karna vaksin MR kan untuk campak dan rubella, apakah boleh vaksin campak 2 kali dalam jangka waktu cuma sebulan? Terima kasih, Dok

10 Oct 2018, 15:44 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih sudah bertanya mengenai imunisasi campak rubella (MR) melalui fitur Tanya Dokter

Penyakit campak atau morbili, atau measles merupakan penyakit yang sangat menular, ditularkan melalui virus. Campak bisa diikuti dengan komplikasi pneumonia, diare, peradangan pada otak bahkan kematian. Campak ditandai dengan adanya demam yang diikuti dengan muncul ruam kemerahan pada kulit di sekitar tangan dan dada. Sedangkan rubella atau campak jerman, merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus yang juga memiliki gejala yang sama, dan biasanya disertai pembesaran kelenjar getah bening dibagian leher. Kedua penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi.

Saat ini pemerintah sedang mengkampanyekan imunisasi Campak Rubella atau MR. Kampanye ini untuk meningkatkan cakupan dari campak, dan mencegah munculnya cmapak, rubella, dan penyakit rubella kongenital yang terjadi bila seorang wanita mengalami infeksi selama kehamilan. Kampanye ini ditujukan untuk setiap anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun, tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya. 

Jika sudah mendapatkan vaksin campak pada usia 9 bulan, vaksin MMR/MR diberikan pada usia 15 bulan (minimal interval 6 bulan). Bila pada usia 12 bulan belum mendapatkan vaksin campak, dapat diberikan vaksin MMR/MR. 

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan seputar imunisasi campak rubella (MR). Semoga bermanfaat

10 Oct 2018, 15:44 WIB