Penyembuhan Luka

Info Penanya, pria 27 Tahun

pagi dok .. sebulan lebih yang lalu saya jatuh terpeleset dan mata kaki saya terkena ujung lantai sehingga sobek dimata kaki dan di jahit 4 jahitan dalam dan 8 jahitan luar. jahitan saya di buka setelah 3 mimggu. dan setelah jahitan saya di buka luka saya justru tidak merapat tetapi msh terbuka. selama sebulan saya rutin 3 hari sekali kontrol ke dokter. tapi luka saya tidak ada perubahan. dan saya dapat saran pakai obat2 tradisional seperti arak gosok.. seminggu saya kompres luka saya dengan arak gosok dan kering tapi dia hitam dibagian tengah luka. dan kmaren malam saya mencoba pakaikan obat supertetra di luka pas pagi saya brangkat kerja luka saya perban dan pulang kerja pas saya buka perban luka saya malah basah saya bernyeyeh gtu dan keluar cairan putih lengket entah itu nanah atau apa saya juga ga paham. dan saya bingung pinggiran luka saya pun jadi ikutan berair gtu dan gatal. pertanyaan saya itu kenapa yah dok ? apakah itu proses penyembuhan ? atau itu justru memperburuk luka ?

11 Oct 2018, 08:56 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyembuhan luka melalui fitur Tanya Dokter. 

Bila memang saat ini luka justru menjadi basah, mengeluarkan cairan, berair, memang ditakutkan hal itu menandakan luka Anda tidak menyembuh dengan baik. Luka yang basah akan mempersulit penyembuhannya dan makin berisiko muncul jaringan parut (scar). Luka yang cukup dalam bisa membutuhkan waktu 1 bulan atau lebih untuk mengering, bila disertai perawatan luka yang baik. Namun bila perawatan luka tidak baik, misalnya luka sering lembab, basah, tidak dikeringkan, justru membuat jaringan kulit maserasi dan dapat ditumbuhi kuman. Bila terdapat infeksi kuman maka tandanya adalah munculnya nanah.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka (jangan biarkan area luka teregang berlebihan saat Anda beraktivitas), dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Namun tentunya tidak ada kata terlambat dalam merawat luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. 

Lalu, yang paling penting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menentukan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

11 Oct 2018, 08:56 WIB