Kuku Mudah Rusak

Info Penanya, pria 20 Tahun

Dok mau tanya, beberapa bulan yang lalu kuku jari manis saya (tangan kiri) terdapat lingkaran kecil bewarna putih kusam, lalu lama kelamaan melebar hingga kuku tumbuh tidak menempel dengan daging. Karena risih dengan linu saat kuku menganga, saya memotongnya sedikit lebih dalam, lalu terlihatlah daging kuku yang kering dan pecah-pecah. Tak ada perubahan dalam 3 bulan terakhir, daging kering dan kuku akhirnya tumbuh tidak menempel pada dagingnya, akhirnya saya selalu memotong kuku lebih dalam. Tidak ada masalah serius, namun akhirnya kuku menjadi kurang bagus untuk dilihat. Pertanyaannya bagaimana mengobati agar kuku kembali normal? Terimakasih.

14 Oct 2018, 15:53 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar Kuku Mudah Rusak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Keluhan kuku yang rusak seringkali disebabkan oleh jamur pada kuku, dalam dunia medis disebut paronikia dan onimikosis atau tinea unguium.

Sering diderita oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan air. Lesi berupa kemerahan, pembengkakan yang tidak bernanah, kuku menjadi tebal, mengeras dan berlekuk-lekuk, kadang-kadang berwarna kecoklatan, tidak rapuh, tetap berkilat.

Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap.

Kami sarankan agar Anda meengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi seputar Kuku Mudah Rusak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Oct 2018, 15:53 WIB