Menghitung Usia Kehamilan

Selamat malam dok Saya bulan agustus haid tapi tgl haid terakhir lupa terus bulan kemarin usg usia kehamilan saya 7w4d Saya bingung dengan usia kehamilan saya yang sekarang itu berapa soalnya hasil usg ngga ada istilah LMp

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun16 Okt 2018, 12:25 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya mengenai menghitung usia kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk memperkirakan usia kehamilan dapat digunakan beberapa cara. Yang paling mudah digunakan adalah dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT dapat juga digunakan untuk menghitung taksiran persalinan atau hari perkiraan lahir. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Namun, tentunya cara yang dianggap paling akurat untuk menentukan usia kehamilan adalah dengan ultrasonografi (USG), yang memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Jadi, dari kesimpulan kami, usia kehamilan yang didapat dari pemeriksaan USG yang Anda lakukan dapat dipergunakan sebagai patokan untuk saat ini. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda secara rutin untuk dilakukan pemeriksaan serta terus memantau perkembangan kehamilan Anda. Semoga terus berjalan dengan lancar sampai persalinan ya, Bu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menghitung usia kehamilan, semoga bermanfaat. Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Perhitungan Usia Kehamilan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terlambat Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Kapan Waktu HSG Bila Haid Tidak Teratur?

Dijawab oleh:dr. Atika

Daging Tumbuh Dalam Lubang Gigi Saat Hamil

Dijawab oleh:drg. Wiena Manggala Putri

Cacar Air dan Ibu Hamil

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk