Seputar KB

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok saya mau tanya Saya kmaren suntik kb tp sebelum suntik kb saya berhubungan selama 2 hari apa ada kumungkinan saya hamil ya dok . Terimakasih

18 Oct 2018, 11:41 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya tentang peluang hamil meski KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kehamilan terjadi ketika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina) dan ejakulasi di dalam vagina. Kemungkinan hamil akan sangat tinggi jika berhubungan intim di saat masa subur.

Mengeluarkan sperma di luar vagina secara teori tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur.

Selain itu, perlu diketahui bahwa  pada awal hubungan intim umumnya pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat. Tentunya ini akan meningkatkan peluang hamil ketika terjadi penetrasi. 

Terkait dengan KB, meski tujuannya mencegah kehamilan, peluang hamil tetap ada. Sebab, metode KB memiliki angka kegagalan. Angka kegagalan ini bervariasi, misalnya untuk KB suntik 1 bulan yaitu 3%, atau 3 dari 100 wanita yang menggunakannya berpeluang hamil. Untuk pil KB, angka kegagalannya lebih besar yaitu 25 dari 100 wanita. Yang cukup kecil di bawah 1% ialah KB spiral (IUD) dan implan. Namun bisa saja Anda belum haid saat ini karena pengaruh hormonal suntik KB.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar peluang hamil meski KB. Semoga bermanfaat. 

18 Oct 2018, 11:41 WIB