Perdarahan Setelah Telat Haid

selamat pagi dok, saya mau bertanya, sayakan setiap tgl 11 selalu rutin dapat menstruasi terakhir saya dpt itu tgl 11 september kmarin dan harusnya tgl 11 bln oktober saya dapet lgi, tpi sampe 4 hari saya blm dapet juga dok, tapi saya mengalami keram perut seperti gejala biasanya namun kadang suka mual dan pusing dan kluar bercak merah kecoklatan itu pun hanya terjadi satu kali dlm beberapa jam dan keesokan harinya saya mengalami keram perut yg lebih sakit dri biasanya dri sepanjang malam sampai menjelang pagi dan ternyata setelah saya lihat saya mengalami pendarahan dok seperti menstruasi dan ada gumpalan merah seujung ibu jari , jdi itu kenapa ya dok saya takutnya ada masalah dlm rahim saya dok, terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun18 Okt 2018, 10:52 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih sudah bertanya seputar Perdarahan Setelah Telat Haid melalui fitur tanya  dokter diKlikdokter

Permasalahan gangguan menstruasi yang Anda rasakan, seringkali terjadi. Permasalahan menstruasi membawa wanita 20% wanita usia muda pada layanan kesehatan. Kemungkinan penyebabnya sangat luas, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang bebahaya. Oleh karena itu saya menyarankan Anda, melakukan pemeriksaan dengan dokter, terutama untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab yang berbahaya.

  • Kemungkinan yang pertama berkaitan dengan kehamilan. Apabila Anda dalam beberapa waktu terakhir melakukan kontak seksual, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaankehamilan. Apabila terbukti hamil, Anda harus waspada. Kehamilan dengan pendarahan merupakan kasus yang butuh evaluasi lebih lanjut.
  • Kemungkinan kedua terkait dengan konsumsi obat. Sejumlah obat bisa mengganggu kondisi Anda sehingga menghasilkan permasalahan menstruasi. Misalnya aspirin, obat pengencer darah (warfarin), obat antidepresi, steroid, obat untuk penyakit gondok, atau pil KB.
  • Kemungkinan ketiga berkaitan dengan gangguan pada organ lain yang berpengaruh pada siklus mens Anda.Kemungkinan keempat berkaitan dengan gangguan pada rahim itu sendiri. Misalnya pada kondisi riwayat infeksi menular seksual, adanya gangguan pada organ kewanitaan seperti indung telur, atau pembesaran rahim yang tidak normal. Bisa juga berkaitan dengan tumor lapisan dalam rahim, namun jarang ditemukan pada rentang usia Anda.
  • Apabila semua kemungkinan tersebut tidak ditemukan maka dicurigai permasalahan pematangan pada pengaturan hormone sex Anda yang mengakibatkan tidak rutinnya pelepasan sel telur dalam setiap siklus menstruasi. Masalah ini biasanya jarang menimbulkan bahaya dan dapat diatasi dengan obat anti radang bukan steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau asam mefenamat selama 5-7 hari.

Apabila setelah pengobatan tidak kunjung ada perbaikan maka Anda akan disarankan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang kami sampaikan seputar Perdarahan setelah telat haid, semoga bermanfaat

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Telat Haid

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Telat Haid

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Telat Haid

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Telat Haid, Test Pack Negatif

Dijawab oleh:dr. Nadia Octavia

Nyeri Haid Setelah Menikah

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

1 KOMENTAR

Avatar
Niken Anggraeni
2 Tahun Lalu

dok mau tanya,aku dah hampie dua bulan gak haid tapi pas kemaren ada darah merah kluar tapi di campur sama keputihan kira kira kenapa ya dok

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk