Haid Tidak Taratur Tanda Menopause Atau Hamil?

Info Penanya, pria 44 Tahun

usia saya 44 th terakhir saya HAID tgl 22 agust 2018 dan dibulan sep biasanya maju 7 hari yaitu tgl 15 sep saya akan HAID lagi spt biasanya namun sampai saat ini tgl 18 okt 2018 saya belum juga HADI dok artinya bulan sep dan okt saya belum HAID, kemaren tgl 16 Okt saya sdh coba tes kehamilan namun hasilnya negatif. mohon penjelasannya apakah kondisi saya masih normal , dana akan dapat haid lagi seperti biasanya nanti , apakah saya masih bs diberikan keturunan lagi Dok? mohon bantuannya dan penjelasannya terima kasih

19 Oct 2018, 23:18 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah kehamilan dan menstruasi melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai ketidakteraturan haid yang Anda alami.

Wanita usia berapapun selama masih mengalami menstruasi dan belum memasuki masa menopause masih dapat hamil. Namun, hamil di atas usia 40 tahun dapat meingkatkan risiko penyakit dan kelainan bagi janin maupun ibu.

Usia terbaik untuk melahirkan adalah di bawah 40 tahun. Semakin tua usia maka semakin tinggi risiko bagi ibu maupun janin, diantaranya:

Fertilitas/kesuburan menurun, semakin tua usia semakin sulit untuk hamil.Risiko keguguran tinggiKelainan genetik: semakin tua usia, kualitas sel telu semakin berkurang dan risiko kelainan genetik seperti cacat bawaan meningkat. Kelainan tersering pada bayi adalah Down Syndrome.Risiko penyakit meningkat selama kehamilan: diabetes, hipertensi, preeklampsia/eklampsia, sampai kematian.Masalah selama melahirkan: wanita usia tua biasanya mengalami pemanjangan waktu melahirkan dan berisiko menyebabkan fetal distress.Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika Anda berencana untuk hamil.

Bisa jadi keadaan Anda menunjukkan transisi ke masa menopause. Menopause adalah tidak terjadinya periode menstruasi selama 12 bulan akibat dari tidak aktifnya folikel sel telur. Dalam pengertian awam adalah tidak terjadinya lagi siklus menstruasi. Umumnya gejala menopause adalah haid yang semakin berkurang, namun haid yang terus menerus dapat juga terjadi karena intinya adalah perubahan siklus menstruasi sebelum pada akhirnya berhenti.

Menopause adalah bagian dari periode transisi perubahan masa reproduktif ke masa tidak reproduktif. Usia rata-rata menopause berkisar 43 – 57 tahun namun tidak ada cara yang pasti untuk memprediksi kapan seorang wanita akan memasuki masa menopause. Selain itu, faktor keturunan juga berperan disini, seorang wanita akan mengalami menopause pada usia tidak jauh berbeda dari ibunya.

Bila telah dilakukan pemeriksaan dan tidak didapatkan adanya suatu kelainan pada sistem reproduksi Anda, maka sangat mungkin kondisi ini disebabkan oleh masa perimenopause (transisi ke masa menopause), yaitu mulai terjadi ketidak seimbangan hormonal. Yang terpenting saat ini adalah penerapan pola hidup sehat:

Makan makanan sehat yang rendah lemak, tinggi serat; asupan kalsium cukup, hindari rokok dan batasi konsumsi kafeinOlahraga teratur minimal 30 menit 3x/hariUsahakan lebih rileks, kurangi stres (misalnya melalui kegiatan meditasi atau yoga)Bagaimana dengan yang Anda alami? Apakah saat ini Anda tidak pernah lagi sama sekali menstruasi? atau menstruasi namun siklusnya jarang-jarang dan tidak teratur? Apabila Anda tidak menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, memungkinkan Anda mengalami menopause. Untuk memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan evaluasi menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. 

19 Oct 2018, 23:18 WIB
lie thenglie theng

dok sy mau tanya wanita diusia brpkah yg monopause,krn umur sy 37 thn tp menstruasi sy sulit skl bs diblng sy menstruasi kadang 3 bln skl bs smp 6 bln skl,itupun menstruasi sy hanya sedkt hanya smp selama 2 atau 3 hr saja sdh selesai dok ? ,,,,, mohon bantuan penjelasannya,terima kasih

Hati-hati, Menopause Bikin Wanita Rentan Terkena Penyakit Jantung (Zetar Infinity/Shutterstock)
Info Sehat
Hati-hati, Menopause Bikin Wanita Rentan Terkena Penyakit Jantung
Menopause pada Pria, Benarkah Ada? (Uzhursky/Shutterstock)
Info Sehat
Menopause pada Pria, Benarkah Ada?
Ini yang Terjadi pada Tubuh Wanita Saat Menopause (Milles-Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Ini yang Terjadi pada Tubuh Wanita Saat Menopause
5 Penyebab Wanita Mengalami Menopause Dini (Pixelheadphoto-Digitalskillet/Shutterstock)
Info Sehat
5 Penyebab Wanita Mengalami Menopause Dini
Dukungan Suami untuk Istri yang Masuki Fase Menopause (nd3000/Shutterstock)
Info Sehat
Dukungan Suami untuk Istri yang Masuki Fase Menopause
7 Makanan yang Tepat untuk Wanita Menopause (Africa Studio/Shutterstock)
Info Sehat
7 Makanan yang Tepat untuk Wanita Menopause
6 Penyakit yang Paling Mengancam Wanita Menopause (9nong/Shutterstock)
Info Sehat
6 Penyakit yang Paling Mengancam Wanita Menopause
9 Tips Menurunkan Berat Badan di Fase Menopause (Rostislav_Sedlacek/Shutterstock)
Info Sehat
9 Tips Menurunkan Berat Badan di Fase Menopause
Pria Juga Bisa Menopause, Kenali Gejalanya (janon-kas/Shutterstock)
Info Sehat
Pria Juga Bisa Menopause, Kenali Gejalanya
6 Alasan Wanita Perlu Gembira Menyambut Menopause (Makistock/Shutterstock)
Info Sehat
6 Alasan Wanita Perlu Gembira Menyambut Menopause