ASI untuk Anak Usia 2 Tahun?

Info Penanya, pria 24 Tahun

dok, saya ingin menyusui anak saya lagi yg blm genap 2 tahun, alasan pernah berhenti nyusuin sebab saya kemaren hamil. trus kata dokter kandungan saya suruh berhenti nyusuin (belum tau klo ada tendem nursing), ternyata setelah beberapa bulan janinnya tidak berkembang diusia 4-5 bulan dan harus dikuret. tapi pada waktu itu anak saya sudah saya berhentikan menyusui pas hamil 1-2 bulanan. trus ini pd saya, saya pencet kadang masih kluar kayak cairan susu tapi tidak banyak (2-3 tetes) saja. anak saya mau tak susuin lagi sudah tidak mau setelah dikiret. saya jadi merasa ibu yang kurang memberikan hak kepada anak. bagaimana dokter solusinya?

19 Oct 2018, 23:18 WIB
dr. Devia Irine Putri
dijawab oleh: dr. Devia Irine Putri

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah ASI melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

Untuk anak Anda yang sudah berusia kira2 1 tahun lebih, pemberian ASI tidaklah wajib. Jika memang anak Anda sudah tidak ingin minum ASI dan makan pendamping ASI juga sudah lahap tidak apa-apa. Yang paling terpenting kebutuhan ASI anak Anda pada usia 6 bulan pertama sudah terpenuhi dan sampai saat ini kebutuhan gizi anak Anda terpenuhi dalam makanan sehari hari nya.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat.

19 Oct 2018, 23:18 WIB