Tidak Sengaja Terhirup Pestisida

Mohon informasinya, saya tidak sengaja terhirup pestisida ( phostek) ,kondisinya saat itu teman saya membuka kaleng kemasan untuk melihat isinya,walaupun hanya sekali dan waktunya singkat (langsung ditutup kembali) namun tercium sangat menyengat sekali seakan berasa sampai tenggorokan dan paru paru walaupun sudah memakai masker.pekerjaan saya bukan yang mempunyai hubungan dengan zat pestisida sehari harinya jadi kejadian ini hanya sesekalinya itu saja.gejala awal keracunan tidak ada, namun saya khawatir karena melihat dampak dari terpapar pestisida menyebabkan kanker atau kemandulan kelak nanti. Apakah jika hanya sekali terhirup langsung dapat dikatakan pasti terkena kanker atau kemandulan?

Lihat Selengkapnya
pria, 26 Tahun25 Okt 2018, 10:56 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar tidak sengaja menghirup pestisida menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami turut bersyukur Anda tidak mengalami gejala intoksikasi (keracunan) pestisida jenis tersebut karena angka kematian dari keracunan phostek bisa mencapai lebih dari 50%. Oleh sebab itulah pestisida ini sering disalahgunakan untuk melakukan bunuh diri.

Dalam hal ini, kemungkinan jumlah yang terhirup tidak terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan gejala. Mengenai kemungkinan ke arah kanker atau kemandulan, hal ini tentu saja tidak dapat diramalkan kepastiannya. Bahkan, seseorang yang tidak memiliki faktor risiko apapun bisa saja terkena kanker secara tidak terduga.

Saran dari kami adalah agar Anda tidak terlalu stres dan mulailah bertindak aktif untuk menjaga kesehatan Anda sebaik-baiknya mulai saat ini. Lakukan berbagai gaya hidup yang sehat agar Anda terhindar dari kanker. Misalnya dengan berolahraga teratur, mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup, menghindari asap rokok, menghindari stres,dll. Dari sebuah literatur disebutkan bahwa efek oksidatif (perusak sel) yang ditunjukkan phostek dapat dicounter dengan vitamin C, vitamin E, glutation, dan betacaroten. Hal ini masuk ke dalam logika mengingat unsur-unsur tersebut adalah zat antioksidan. Ada baiknya Anda mengasupnya secara teratur. Kami yakin bila Anda mampu menjaga hidup sehat maka semoga terhindar dari kanker.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Hasil Pemeriksaan Penunjang

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Gejala Kanker Kulit

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Tumor vs Kanker

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

Madu Untuk Kanker

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Menonton TV Tabung Menyebabkan Kanker

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk